Jumat, 03 Februari 2023

Alhmadulillah Desa Kemlagi Sudah Laksanakan Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes Tahun 2022

 
kimmadepmanteb.blogspot.com - Bertempat di Kedai Teras Kuning, Jeruk Macan Desa Sawo Kec. Jatis Kab. Mojokerto hari Selasa 31 Januari 2023 telah dilaksanakan Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Bapak Kepala Desa Kemlagi Abd. Wahab, SE menyampaikan terima kasih kepada Ketua BPD beserta anggota dan Perangkat Desa yang telah hadir pada acara ini. 

"Pada minggu kedua bulan Februari 2023 direncanakan akan ada pemeriksaan Inspektorat untuk memeriksa realisasi pelaksanaan APBDes Tahun Anggaran 2022", tutur Kades Kemlagi

"Alhamdulillah pada hari ini kita bisa membahas Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes Tahun Anggaran 2022 dan jika nanti disetujui oleh BPD, maka segera kita tetapkan sebagai Perdes", lanjut Bapak Abd. Wahab Kades Kemlagi. 

Selanjutnya Sekdes Kemlagi, M. Ainur Rofiq menyampaikan laporan realisasi pelaksanaan APBDes Kemlagi Tahun Anggaran 2022.

Disampaikan oleh Sekdes Kemlagi bahwa realisasi pendapatan desa sebesar Rp. 1.413.070.117,33 dan belanja desa sebesar Rp. 1.445.389.508,00 (defisit Rp. 32.319.390,67) 

"Sementara itu untuk pembiayaan desa meliputi penerimaan pembiayaan sebesar Rp. 129.928.377,00 sedangkan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp. 5.000.000,00 (untuk penyertaan modal BUMDesMa) sehingga selisih pembiayaan adalah Rp. 124.928.377,00 yang pada akhirnya SILPA Tahun Berjalan sebesar Rp. 92.608.986,33", pungkas Sekdes Kemlagi. 

"Pada dasarnya BPD menyetujui atas pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan APBDes 2022, namun nanti akan kami sampaikan beberapa masukan untuk perbaikan di tahun berikutnya", demikian penuturan Ketua BPD Desa Kemlagi Abah H. Mashudan, SH

Lebih lanjut H. Mashudan, SH berikan beberapa masukan kepada Pemerintah Desa Kemlagi, diantaranya :

  • Diharapkan anggaran dalam APBDes bisa terserap dan bisa dilaksanakan oleh masing-masing bidang;
  • Agar dibidang pemberdayaan masyarakat untuk tahun berikutnya tidak terlalu banyak silpa-nya;
  • Pendapatan lain-lainnya harap dimasukan ke pendapatan desa;
  • Penarikan sumbangan / iuran untuk masjid agar bisa dialihkan ke musholla-musholla;
  • Agar ada jalan tembus di wilayah RT. 5 RW. 2 yang menghubungkan wilayah RT. 3 dan RT. 4 Kemlagi Barat; dan
  • Saluran di belakang rumah Sdr. Suyatno Kemlagi Barat RT. 01 RW. 02 untuk segera direalisasikan tahun ini. 
Wakil Ketua BPD Desa Kemlagi abah H. Ach. Sholeh, S. PdI juga berikan masukan kepada Pemerintah Desa Kemlagi jika ada koloni lebah yang mati (yang selama ini dipelihara oleh kelompok pembudidaya lebah) agar dibuatkan berita acara serta agar APBDes dapat dianggarkan dan dilaksanakan sebaik mungkin. 

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi KIM Madep Manteb Desa Kemlagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Percepatan Penurunan Stunting, Pemkab Mojokerto Gelar Diseminasi Audit Stunting

kimmadepmanteb.blogapot.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar diseminasi audit stunting tingkat Kabupaten Mojokerto tahun...